blogtoday

Saya tahu informasi tentang hari blogger nasional ini dari blog rekan saya, abeeayang. Ternyata blogger punya hari nasional pada tanggal 27 Oktober. Yah, memang saya hanyalah pemula dalam urusan blog-mengeblog, jadi informasi-informasi seputar dunia blog tidak begitu mengalir deras. Trafik pengunjung blog milik saya pun masih biasa-biasa saja.

Sebenarnya saya ingin datang, apa daya tangan dan kaki tak sampai, karena ada shift malam dan lagipula tidak ada “kuda besi” untuk meluncur ke lokasi. Terpaksa saya cuma merayakan hari blogger nasional sendirian dan posting tentang hari blogger nasional pun baru beberapa hari seusai tanggal 27 Oktober. Saya posting masalah hari blogger nasional di thread tentang blogger di forum yang saya ikuti pun seperti angin lalu, tak ada respon sama sekali.

Ah, tak apalah. Saya secara pribadi mengucapkan selamat hari blogger nasional, begitu juga selamat memperingati hari Sumpah Pemuda. Semoga semuanya menjadi lebih baik. Sekali blogger tetap blogger.  Berikut kutipan Sumpah Pemuda yang diikrarkan tahun 1928.  Merdeka!

PUTUSAN KONGRES
PEMUDA-PEMUDI INDONESIA
TAHUN 1928

Kerapatan pemuda-pemuda Indonesia, yang diadakan oleh perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan dengan namanya Jong Java, Jong Sumatra (pemuda Sumatra), Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Batak Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia.

Membuka rapat pada tanggal 27-28 Oktober tahun 1928 di negeri Jakarta ; sesudahnya mendengar pidato-pidato dan pembicaraan yang diadakan di dalam kerapatan tadi ; sesudah menimbang segala isi pidato-pidato dan pembicaraan ini ; kerapatan mengambil keputusan :
Pertama :
KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG SATU, TANAH INDONESIA.

Kedua :
KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENGAKU BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA.

Ketiga :
KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.

Setelah mendengar putusan ini kerapatan mengeluarkan keyakinan, asas ini wajib dipakai oleh segala perkumpulan –perkumpulan kebangsaan Indonesia;

Mengeluarkan keyakinan persatuan Indonesia diperkuat dengan memperhatikan persatuannya :
Kemauan, Sejarah, Hukum-Adat, Pendidikan dan Kepanduan dan mengeluarkan pengharapan supaya putusan ini disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan kita.