Apaan tuh? Hal itu barangkali yang akan dilontarkan oleh orang mengenai konsep citizennews atau citizen journalism. Secara sederhana, citizen journalism dapat diartikan mentah sebagai “jurnalisme warga”. Seorang warga biasa bisa mengirim berita dan berita itu akan dimuat di surat kabar, kebanyakan surat kabar elektronik. Hal ini merupakan sebuah tren baru di era media global sekarang ini. Internetlah pemicunya.

Surat kabar saat ini haruslah dilengkapi dengan versi elektroniknya apabila tidak ingin dikatakan ketinggalan tren. Akan tetapi, tidak semua berita yang dikirim oleh warga biasa bisa dimuat. Tetap ada tim khusus dari surat kabar yang akan mengedit berita kiriman warga. Dengan kata lain, warga yang ingin berpartisipasi dalam citizen journalism tetap harus mempelajari sedikit dasar jurnalistik.

Surat kabar nasional, Kompas, punya konsep citizen journalism yang diwujudkan di http://community.kompas.com/
Peminat citizen journalism ini cukup heterogen terbukti banyaknya peminat yang tinggal di luar negeri yang juga meramaikan.
sedangkan surat kabar lokal Jawa Tengah, Suara Merdeka, punya konsep citizen journalism yang diwujudkan di http://citizennews.suaramerdeka.com
Saya juga telah berpartisipasi dan dua tulisan saya bisa dilihat di http://citizennews.suaramerdeka.com/?option=com_content&task=view&id=103 dan http://citizennews.suaramerdeka.com/?option=com_content&task=view&id=175

Anda juga ingin berpartisipasi?😛 Daftar saja!